LAST DAY! ⏳ Secure top scores and your uni dream. 💡Only Rp 90,000/hour TODAY. Offer ends MIDNIGHT!

LAST DAY! ⏳ Secure top scores and your uni dream.
💡Only Rp 90,000/hour TODAY. Offer ends MIDNIGHT!

Informasi
Tinggal di Indonesia

Kuliah di Indonesia adalah pengalaman yang unik dan penuh warna yang menunjukkan kekayaan budaya dan keragaman akademik yang ada di negara ini. Setiap tahun, ribuan siswa dari berbagai wilayah Indonesia dan bahkan dari luar negeri memilih untuk masuk ke universitas-universitas terkemuka di sini. Universitas di Indonesia menawarkan berbagai program studi yang sesuai dengan perkembangan zaman dan kebutuhan industri. Program-program ini mulai dari teknik, kedokteran, hukum, ekonomi, hingga seni dan humaniora. Interaksi dan integrasi antarbudaya di kampus adalah salah satu keunggulan kuliah Indonesia. Mahasiswa dari berbagai latar belakang budaya, etnis, dan bahasa membentuk lingkungan yang kaya akan pertukaran pendapat dan perspektif. Hal ini tidak hanya meningkatkan pengalaman belajar tetapi juga mempersiapkan siswa untuk bekerja dalam lingkungan yang beragam di seluruh dunia.

Sebaliknya, masalah yang dihadapi kampus di Indonesia juga tidak boleh diabaikan. Di antara masalah yang terus diperjuangkan adalah infrastruktur pendidikan yang masih berkembang di beberapa wilayah dan disparitas akses terhadap pendidikan berkualitas tinggi. Namun, pemerintah Indonesia secara aktif berusaha meningkatkan kualitas pendidikan tinggi, meningkatkan kualitas pengajaran, dan memberikan beasiswa kepada siswa yang berprestasi dan kurang mampu. Terlibat dalam berbagai aktivitas yang dinamis di kampus adalah bagian dari kuliah di Indonesia. Kehidupan kampus sangat bergantung pada kegiatan ekstrakurikuler, yang mencakup organisasi mahasiswa, olahraga, seni, dan kegiatan sosial. Ini memungkinkan siswa untuk belajar soft skills seperti kerja tim, kepemimpinan, dan komunikasi, yang sangat penting di dunia kerja. Di Indonesia, kuliah bukan hanya tentang mendapatkan gelar, tetapi juga tentang memperoleh keterampilan hidup, membangun koneksi, dan mempersiapkan diri untuk masa depan. Tidak diragukan lagi, pengalaman ini memberikan manfaat yang lebih besar bagi perkembangan setiap mahasiswa, baik secara pribadi maupun profesional.

5 Keuntungan Belajar di Indonesia
Less

Biaya Lebih Terjangkau

Work Opportunities2

Peluang Karir Lebih Banyak

adaptasi

Lebih Mudah Beradaptasi

Keindahan Alam

Keindahan Alam

Dekat Dengan Keluarga

Dekat Dengan Keluarga

Destinasi Studi Pilihan di Indonesia
jkt
Jakarta
bdg
Bandung
yogya
Yogyakarta
sby
Surabaya
Sistem Pendidikan Indonesia

Berikut beberapa alasan mengapa belajar di Indonesia merupakan ide yang bagus:

• Biaya yang Lebih Terjangkau: Biaya kuliah, akomodasi, makanan, dan transportasi termasuk dalam biaya yang lebih rendah di Indonesia daripada di luar negeri, yang membuat pendidikan tinggi lebih terjangkau bagi banyak keluarga Indonesia.
• Peluang Karir di Pasar Lokal: Perusahaan lokal sering mengutamakan lulusan universitas lokal karena pemahaman mereka tentang pasar dan lingkungan bisnis Indonesia.
• Pemahaman Mendalam tentang Isu Lokal: Mahasiswa akan memperoleh pemahaman mendalam tentang isu-isu lokal dan nasional. Ini penting bagi mereka yang ingin terlibat dalam sektor publik, politik, atau LSM di Indonesia.
• Kenyamanan Budaya dan Bahasa: Belajar di Indonesia memungkinkan siswa untuk belajar dalam lingkungan yang nyaman dengan budaya dan bahasa yang sudah mereka kenal, yang dapat membantu mereka mengurangi stres dan meningkatkan kinerja akademik mereka.
• Kemudahan Akses untuk Keluarga dan Teman: Mahasiswa yang kuliah di dalam negeri dapat tetap dekat dengan keluarga dan teman, yang dapat memberikan dukungan emosional penting selama tahun-tahun mereka di sekolah.

Informasi
Estimasi Biaya di Indonesia
Biaya Hidup
1,000,000 - 3,000,000 IDR/bulan
(perkiraan biaya rata-rata)
Biaya Pendidikan
4,000,000 - 50,000,000 IDR/semester
(estimated average costs)

Biaya akomodasi sangat beragam tergantung pada lokasi dan jenisnya. Tinggal di asrama universitas biasanya lebih murah. Sewa apartemen atau kost di luar kampus bisa berkisar antara 1,500,000 IDR hingga 5,000,000 IDR per bulan, tergantung pada lokasi dan fasilitasnya. Biaya kuliah di universitas negeri biasanya lebih murah. Untuk program S1, biaya dapat berkisar antara 5,000,000 IDR hingga 15,000,000 IDR per semester, tergantung pada kebijakan universitas dan program studi. Beberapa universitas negeri juga menerapkan sistem yang dikenal sebagai “Uang Kuliah Tunggal”, yang menentukan biaya berdasarkan kemampuan finansial mahasiswa.

Biaya kuliah di universitas swasta cenderung lebih mahal. Biaya setiap semester dapat berkisar antara 10,000,000 IDR hingga 30,000,000 IDR, tergantung pada reputasi universitas dan program studi yang dipilih:

•  Diploma (D3): 4,000,000 – 12,000,000 IDR/semester.
•  Sarjana (S1):  5,000,000 – 30,000,000 IDR/semester.
•  Pascasarjana/Magister (S2): 10,000,000 – 30,000,000 IDR/semester.
•  Dokter (S3): 20,000,000 – 50,000,000 IDR/semester.

Update : 2024
Informasi
Visa Pelajar di Indonesia
visa indo

Jika Anda bersemangat untuk mengeksplorasi kebudayaan Indonesia sambil menuntut ilmu, langkah pertama Anda adalah mendapatkan visa pelajar. Proses ini melibatkan tiga dokumen kunci: izin belajar untuk memulai perjalanan akademik Anda, Visa Masuk (VITAS) yang berlaku hingga enam bulan, dan Izin Tinggal Sementara (KITAS) yang berlaku selama 12 bulan dan perlu diperbarui setiap tahun hingga Anda menyelesaikan studi. Biaya keseluruhan untuk proses ini sekitar Rp 1.970.000, atau sekitar $135, £103, atau €104, bergantung pada kurs mata uang. Dengan persiapan yang tepat dan pemahaman tentang prosedur ini, Anda akan siap untuk memulai petualangan belajar yang memperkaya di Indonesia.

Langkah - Langkah Permohonan Visa

Untuk memastikan peluang penerimaan visa Anda sebesar mungkin, mari kita uraikan prosedur permohonan visa menjadi tiga bagian utama dan langkah-langkah sederhana berikut:

Bagian 1 – Cara mengajukan izin belajar:

1. Menerima tempat di Universitas Indonesia: Menerima surat penerimaan resmi dan membayar biaya pendaftaran.
2. Universitas Anda memulai proses pendaftaran: Institusi Anda akan langsung mendaftarkan Anda melalui portal online Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, memudahkan proses pendaftaran Anda.
3. Kirim dokumentasi: Universitas Anda akan membutuhkan beberapa dokumen pendukung untuk melengkapkan aplikasi Anda. Jangan khawatir, Anda akan menemukan daftar lengkap dokumen yang diperlukan di bagian berikutnya.
4. Kirim lamaran dan tunggu keputusan: Waktu penyelesaian lamaran adalah antara satu dan dua minggu. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan meneruskan izin belajar dan otorisasi visa Anda yang telah disetujui ke Departemen Imigrasi di negara asal Anda sehingga Anda dapat memulai proses permohonan visa.

Bagian 2 – Cara mengajukan visa masuk (VITAS):

1. Hubungi kedutaan atau konsulat setempat Anda: Buatlah janji temu untuk mengajukan permohonan visa.
2. Susun dokumen Anda: Anda harus membawa beberapa dokumen ke janji temu Anda. Perincian tentang apa yang diperlukan disertakan di bagian berikutnya.
3. Hadiri janji temu Anda: Selain menyerahkan dokumen, Anda akan ditanyai beberapa pertanyaan sederhana.
4. Bayar biaya pendaftaran: Permohonan Anda tidak akan diproses sampai Anda membayar. Sebaiknya periksa metode pembayaran yang diterima karena metode ini dapat berbeda antar konsulat.
5. Menerima keputusan: Setelah visa Anda disetujui, Anda harus kembali ke konsulat untuk mengambil paspor dan dokumen Anda.

Bagian 3 – Cara mengajukan permohonan izin tinggal (KITAS):

1. Kunjungi departemen imigrasi di Indonesia: Penting bagi Anda untuk melakukan ini dalam waktu 30 hari setelah tiba di Indonesia. Anda harus menyelesaikan beberapa dokumen dan membayar biaya.
2. Menerima keputusan: Diperlukan waktu sekitar 10 hari setelah penyerahan untuk mengubah VITAS Anda menjadi KITAS.
3. Daftar ke Mabes Polri: Setelah KITAS Anda diterbitkan, Anda harus mendapatkan Surat Laporan Polisi (STM) dari kepolisian setempat dan membawanya ke kantor kependudukan kotamadya. Sebagai imbalannya, Anda akan diberikan Surat Tanda Pendaftaran Tempat Tinggal Sementara (SKPPS).

Dokumen Yang Dibutuhkan

Selama proses aplikasi, Anda akan perlu menyediakan berbagai dokumen di setiap tahapnya. Kami telah menyusun daftar lengkap dokumen yang mungkin diminta untuk mempermudah Anda dalam menyampaikan semuanya kepada pihak berwenang.

Untuk izin belajar:
• Surat penerimaan resmi dari universitas Anda
• Surat rekomendasi dari universitas Anda
• Surat rekomendasi dari kedutaan, misi, atau konsulat Indonesia di negara asal Anda
Formulir aplikasi online yang telah diisi (diakses melalui portal online)
Tiga salinan paspor Anda
Dua foto diri Anda seukuran paspor
Catat prestasi akademis Anda
Resume/CV Anda
Sertifikat kesehatan yang baru diterbitkan
Surat jaminan keuangan untuk membuktikan bahwa Anda memiliki sumber keuangan untuk menutupi pengeluaran Anda selama berada di Indonesia

Untuk visa masuk (VITAS):
Izin belajar Anda
Salinan paspor Anda yang masih berlaku
Surat penerimaan universitas formal
Surat rekomendasi dari institusi Anda
Catatan kualifikasi Anda
Resume/CV Anda
Dua foto paspor terbaru
Surat jaminan keuangan
Sertifikat kesehatan

Untuk Izin Tinggal (KITAS):
Salinan izin belajar Anda
Salinan visa masuk Anda (VITAS)
Paspor Anda
Surat penerimaan universitas
Surat rekomendasi dari universitas Anda
Resume/CV Anda
Transkrip dan catatan akademik
Bukti kemampuan keuangan yang cukup untuk menutupi biaya hidup

Informasi
Asuransi di Indonesia

Menyiapkan pendidikan anak Anda bisa membantu menjamin masa depannya. Pada masa sekarang ini, biaya pendidikan tergolong cukup mahal. Selain itu, juga resiko di masa depan yang akan dihadapi menjadi faktor yang perlu dipertimbangkan. Banyak cara untuk mengatasi hal tersebut, yaitu dengan Asuransi Pendidikan.

Jenis Asuransi Pendidikan di Indonesia

Ada dua jenis asuransi pendidikan yang tersedia di Indonesia saat ini:

Asuransi Pendidikan Dwiguna (endowment)
Asuransi pendidikan ini adalah kombinasi dari perlindungan asuransi jiwa dan alat pasar uang. Asuransi akan membayar pendidikan anak jika orang tuanya tidak dapat bekerja atau mencari nafkah lagi dikarenakan meninggal dunia atau cacat total. Selain itu, hasil dari instrumen pasar uang seperti deposito biasanya memberikan nilai hasil yang dapat dicairkan dalam jangka waktu tertentu. Jumlahnya sesuai dengan perjanjian yang dibuat antara pelanggan dan penyedia asuransi.

Asuransi Pendidikan Unit Link
Jenis asuransi pendidikan ini juga menggabungkan asuransi jiwa dan investasi. Premi bulanan akan dialokasikan untuk produk investasi seperti reksa dana dan melindungi masa depan pendidikan anak. Investasi akan menghasilkan keuntungan seiring dengan tingkat pendidikan siswa, misalnya saat mereka memasuki sekolah dasar, sekolah menengah, atau sekolah menengah atas. Namun, perlu dipahami bahwa setiap investasi memiliki risikonya sendiri. Meskipun ada peluang untuk mendapatkan imbal hasil atau keuntungan investasi yang tinggi di atas tabungan, namun juga terdapat risiko dibaliknya.

Cara Memperoleh Asuransi Pendidikan
insurance indoi

Berikut merupakan beberapa hal yang harus dillakukan ketika ingin mendapatkan asuransi pendidikan di Indonesia: 

• Peserta menentukan asuransi pendidikan sesuai kebutuhan.
• Peserta menguhungi perusahaan/agen asuransi pendidikan.
• Peserta melengkapi data dan dokumen yang dibutuhkan.
• Perusahaan memeriksa kelengkapan dokumen dan melakukan survei.
• Perusahaan menyetujui permohonan peserta.
• Peserta menerima polis asuransi pendidikan dari perusahaan.
• Peserta membayar premi asuransi pendidikan.

Rekomendasi Perusahaan/Agen Asuransi

Bila merasa masih belum mengetahui perusahaan atau agen asuransi yang ada di Indonesia, kami memberikan sedikit informasi beberapa perusahaan atau agen asuransi di Indonesia yang bisa kamu jadikan sebagai pilihan.

Prudential
Prudential
Manulife
Manulife
EduPlan by BCA
EduPlan by BCA
FWD
FWD
SequisLife
SequisLife

Itulah beberapa rekomendasi perusahaan/agen asuransi yang menyediakan asuransi pendidikan. Tentunya perusahaan/agen tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan dalam servisnya masing-masing. Pilihlah yang sesuai dengan kebutuhanmu guna menjamin masa depan.

Informasi
Jurusan Populer di Indonesia

Pemilihan jurusan di perguruan tinggi di Indonesia mencerminkan perubahan industri dan pertumbuhan ekonomi nasional serta minat dan aspirasi individu. Mengikuti tren lokal dan global, beberapa jurusan telah menjadi favorit siswa dalam beberapa tahun terakhir. Hal ini menunjukkan bagaimana pendidikan tinggi di Indonesia menyesuaikan diri dengan perubahan pasar kerja dan kebutuhan masyarakat.

Jurusan Yang Paling Populer Diminati di Indonesia
Engineering
Teknik

• Sampoerna University
• Universitas Pelita Harapan
• Binus International

Medicine
Kedokteran

• Universitas Pelita Harapan
• President University
• Ciputra University

Business course australia icon
Bisnis & Manajemen

• Binus International
• Universitas Pelita Harapan
• Ciputra University

hukum
Hukum

• Universitas Pelita Harapan
• Binus International
• President University

Psychology
Psikologi

• Binus International
• Universitas Pelita Harapan
• Sampoerna University

Informasi
Akomodasi di Indonesia

Di Indonesia, ada banyak pilihan tempat tinggal untuk mahasiswa yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan anggaran, mulai dari kost-kostan, asrama kampus, hingga sewa apartemen. Asrama universitas biasanya pilihan paling murah, dengan fasilitas dasar dan biaya bulanan mulai dari 500.000 IDR hingga 2.000.000 IDR. Kost, yang banyak tersedia di sekitar kampus, adalah opsi tambahan. Kostan ini menawarkan berbagai macam fasilitas, mulai dari yang sederhana hingga yang memiliki AC, Wi-Fi, dan fasilitas lainnya. Tergantung pada lokasi dan fasilitas yang ditawarkan, biaya sewa kost biasanya berkisar antara 1.500.000 IDR hingga 4.000.000 IDR per bulan. 

Menyewa apartemen bisa menjadi pilihan bagi mahasiswa yang mencari privasi dan lebih banyak fasilitas. Biaya sewa apartemen di Indonesia sangat bervariasi tergantung pada lokasi, ukuran, dan fasilitas yang tersedia. Harga bulanan berkisar dari 3.000.000 IDR hingga 7.000.000 IDR

Pengeluaran akomodasi untuk pelajar di IndonesiaBiaya (perkiraan)
Asrama Universitas500.000 IDR hingga 2.000.000 IDR per bulan
Kost500.000 IDR hingga 4.000.000 IDR per bulan
Apartemen3.000.000 IDR hingga 7.000.000 IDR per bulan
Informasi
Tahapan Registrasi di Indonesia
Belajar di Indonesia - Persyaratan dan ketentuan mendaftar sekolah & universitas
regis Indo

Kami akan membantu Anda dalam perjalanan pendidikan Anda dan meningkatkan peluang Anda untuk berhasil.
Berikut cara kerjanya:

Daftar Melalui Gold Star Education Dan Bicaralah Dengan Konselor Kami
Lamar ke Institusi Dengan Bantuan Kami (Kami Memiliki Hubungan Kerja yang Baik dengan Semua Institusi Tersebut)
Mengikuti Tes Pendaftaran
Menerima Surat Penerimaan Dari Institusi
Lakukan Pembayaran Biaya Institusi
Bersiaplah untuk memulai pendidikan di Institusi impianmu di Indonesia
Informasi
Destinasi Wisata di Indonesia
Bali Pura Ulun Danu Bratan
Bali - Pura Ulun Danu Bratan
Lombok Gili Trawangan
Lombok - Gili Trawangan
Nusa Tenggara Timur Pulau Padar
Nusa Tenggara Timur - Pulau Padar
Papua Barat Raja Ampat
Papua Barat - Raja Ampat
Magelang Candi Borobudur
Magelang - Candi Borobudur
Kabupaten Probolinggo Gunung Bromo
Kabupaten Probolinggo - Gunung Bromo
Samosir Danau Toba
Samosir - Danau Toba
Bali Nusa Penida
Bali - Nusa Penida
Informasi
Prospek Karir di Indonesoa

Indonesia memiliki lapangan pekerjaan yang cukup banyak. Bahkan banyak perusahaan-perusahaan yang memposting lowongkan pekerjaan dilaman atau sosial media pencari kerja. Hal tersebut menandakan bahwasanya masih kurangnya sumber daya manusia yang berbanding terbalik dengan besarnya kebutuhan tenaga kerja di Indonesia. Hal itu tentunya juga bisa menjadi peluang bagi para mahasiswa yang baru lulus atau bahkan yang sedang berkuliah. Itu semakin didukung dengan adanya beberapa program seperti magang ataupun program pelatihan kerja bagi lulusan baru dari pemerintah. Pemerintah Indonesia pun memberikan kebebasan bekerja untuk siswa yang sedang menempuh pendidikan. Bahkan ada beberapa perguruan tinggi yang menyediakan kelas karyawan untuk membantu para mahasiswa yang bekerja agar tetap bisa menempuh pendidikan. Banyak cara untuk memperoleh pekerjaan ketika sedang kuliah atau menempuh pendidikan. Kalian bisa mengambil pekerjaan part-time, freelance, magang atau bahkan full-time jika memang jam kuliah atau pendidikan anda tidak bertabrakan.

Keuntungan Bekerja Sambil Belajar
Di Indonesia

• Bisa Memiliki Pengalaman Kerja: Dengan bekerja ketika sedang kuliah nantinya akan memberikaj manfaat tersendiri. Dimana, ketika lulus nantinya kamu sudah memiliki pengalaman kerja. Hal itu, tentunya akan lebih mempermudah untuk mendapat pekerjaan ketika lulus.
• Memperoleh Relasi yang Lebih Luas: Lingkup pergaulan perusahaan yang berbeda dengan di kampus akan lebih membantu kamu dalam beradaptasi. Selain itu, juga akan banyak belajar dari teman – teman yan berbeda usia dan latar belakang.
• Menemukan Minat Karir Lebih Spesifik: Dengan bekerja, kamu dapat merasakan dunia kerja sesungguhnya seperti apa. Hal itu tentunya bisa membantu menemukan karir yang lebih spesifik selama melakukan pekerjaan dengan memperhatikan beberapa posisi ataupun jabatan.
Melatih Kemandirian dan Tanggung Jawab: Ketika kuliah sambil bekerja tentunya akan membentuk kepribadian yang lebih dewasa. Hal ini, karena akan dituntut untuk mampu menyelesaikan segala masalah serta kewajiban dengan efektif dan efisien. Beban serta tanggung jawab yang dipikul akan lebih besar. Mulai dari masalah tugas kuliah, pekerjaan, pengaturan waktu, keuangan dan banyak lagi. Secara otomatis kamu akan menjadi pribadi yang lebih tangguh dan ulet. Apalagi ketika sudah lulus kuliah dengan pengalaman kerja, maka sudah terbiasa dengan dunia kerja.

Informasi
Geografi & Budaya di Indonesia
maps indo
Lokasi Indonesia

Indonesia, negara yang terletak di lepas pantai daratan Asia Tenggara di Samudera Hindia dan Pasifik. Ini adalah negara kepulauan yang terletak di seberang Khatulistiwa dan membentang sejauh seperdelapan keliling bumi. Pulau-pulaunya dapat dikelompokkan menjadi Kepulauan Sunda Besar Sumatera (Sumatera), Jawa (Jawa), Kalimantan bagian selatan (Kalimantan), dan Sulawesi (Sulawesi); Kepulauan Sunda Kecil (Nusa Tenggara) di Bali dan rangkaian pulau yang membentang ke arah timur melalui Timor; Maluku (Maluku) antara Sulawesi dan pulau Nugini; dan wilayah barat Papua. Ibu kotanya, Jakarta, terletak di dekat pantai barat laut Jawa. Indonesia juga memiliki perbatasan darat internasional dengan tiga negara tetangga yaitu Malaysia, Papua Nugini dan Timor Leste. Sedangkan di laut, perairan Indonesia berbatasan dengan sepuluh negara tetangga yakni: India, Singapura, Malaysia, Thailand, Vietnam, Filipina, Palau, Australia, Timor Leste dan Papua Nugini. Pada awal abad ke-21 Indonesia merupakan negara dengan jumlah penduduk terbesar di Asia Tenggara dan negara dengan jumlah penduduk terbesar keempat di dunia.

Bagaimana iklim di Indonesia?

Secara keseluruhan, Indonesia memiliki iklim tropis, yang berarti iklimnya hangat dan cenderung panas dan lembap sepanjang tahun. Ada dua musim di Indonesia: musim kemarau dan musim hujan. Jika tekanan atau suhu udara adalah faktor utama dalam perubahan iklim di beberapa negara, perubahan iklim di Indonesia dipengaruhi oleh curah hujan. Ini ditunjukkan oleh kelembapan rata-rata di Indonesia antara 65-90%. Indonesia memiliki beberapa jenis iklim. Sebagian besar, itu adalah iklim hutan hujan tropis dengan taraf curah hujan tertinggi; jenis iklim muson tropis dan sabana tropis menempati urutan setelahnya.

Selain iklim-iklim yang disebutkan di atas, beberapa wilayah dataran tinggi Indonesia memiliki iklim laut dan tanah tinggi subtropis. Kondisi ini ditemukan pada ketinggian antara 1.500 dan 3.500 meter di atas permukaan laut (mdpl). Di daerah pegunungan, tepatnya di Papua, iklimnya tundra. Namun, pada hakikatnya, Indonesia adalah negara dengan tiga jenis iklim: iklim musim (iklim muson), iklim tropika atau tropis (iklim panas), dan iklim laut. Seperti yang disebutkan di atas, iklim tropis atau tropis adalah yang paling umum di Indonesia dan dikenal oleh banyak orang.

Dengan sendirinya, istilah “iklim tropis” mengacu pada iklim suatu wilayah atau negara yang berada di sekitar khatulistiwa. Akibatnya, tidak banyak negara yang memiliki iklim tropis yang memungkinkan matahari bersinar dengan cerah di daerah tersebut.

Zona Waktu di Indonesia

Dengan luas 1,9 juta kilometer persegi, wilayah Indonesia tentunya memiliki waktu yang berbeda setiap daerah. Ini dapat dilihat dari perbedaan waktu terbit matahari di Jawa dan Sulawesi. Ini dapat disebabkan oleh adanya garis lintang dan bujur, yang merupakan garis khayal yang melingkari Bumi. Garis lintang melingkari secara horizontal, sedangkan garis bujur melingkari secara vertikal. Akibatnya, masing-masing wilayah memiliki waktu yang berbeda. Kedua garis yang disebutkan diatas dipengaruhi oleh garis meridian Greenwich yaitu titik 0º yang telah disepakati pada tahun 1884 pada kongres Meridian Internasional di Washington, Amerika Serikat. Titik inilah yang kemudian dijadikan dasar penghitungan waktu. Dengan letak geografisnya yaitu 96º BT sampai 141º BT, berdasarkan pembagian zona waktu, Indonesia dibagi menjadi tiga wilayah yaitu Waktu Indonesia Barat (WIB), Waktu Indonesia Tengah (WITA) dan Waktu Indonesia Timur (WIT).

Waktu Indonesia Barat (WIB): Wilayah yang termasuk dalam zona Waktu Indonesia Barat diantaranya Jawa, Madura, Sumatera, Kalimantan bagian tengah dan barat. Wilayah WIB didasarkan pada meridian pangkal 105º BT dengan selisih 7 jam dari waktu Greenwich, atau dalam sistem jam digital menjadi UTC+7, Jakarta. Perbedaan dengan zona bagian tengah (WITA) adalah satu jam, sedangkan perbedaan dengan zona bagian timur (WIT) adalah dua jam.

Waktu Indonesia Tengah (WITA): Wilayah yang termasuk dalam zona Waktu Indonesia Bagian Tengah diantaranya Bali, Kalimantan bagian utara dan selatan, Sulawesi, Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Nusa Tenggara Timur (NTT). WITA berada pada garis pangkal 120º BT dan memiliki selisih waktu 8 jam dari waktu Greenwich.

Wilayah Indonesia Timur (WIT): Wilayah WITA berada pada sepanjang garis 135º BT dengan selisih 9 jam dari waktu Greenwich. WITA meliputi Maluku Utara, Maluku, Papua Barat dan Papua.

Kultur Indonesia (Yang boleh dan tidak boleh dilakukan ketika berada di Indonesia)

Boleh/harus dilakukan

• Memperhatikan aturan setempat.
• Menggunakan pakaian sesuai tempatnya.
• Harus memiliki Surat Izin Mengemudi ketika berkendara.
• Menghormati norma dan adat istiadat setempat.

Tidak boleh/dilarang untuk dilakukan

• Jalan-jalan tanpa busana.
• Bercanda soal ras, agama, dan etnis.
• Meminum air kran atau wastafel tanpa dimasak, karena bisa bikin sakit.
• Terlalu bergantung pada kartu kredit saat membayar apa pun.
• Menyentuh kepala seseorang tanpa izin.

Merasa kesulitan? Tanyakan saja 😊
Konsultasi Gratis, Visa, serta Pengurusan Tempat Tinggal
Felicia
Enjoy your limited offering left

FREE IELTS Simulation

  • 00Days
  • 00Hours
  • 00Minutes
Get Cashback up to 500 AUD
FREE IELTS Simulation
  • 00Days
  • 00Hours
  • 00Minutes
Informasi
Tinggal di Indonesia

Kuliah di Indonesia adalah pengalaman yang unik dan penuh warna yang menunjukkan kekayaan budaya dan keragaman akademik yang ada di negara ini. Setiap tahun, ribuan siswa dari berbagai wilayah Indonesia dan bahkan dari luar negeri memilih untuk masuk ke universitas-universitas terkemuka di sini. Universitas di Indonesia menawarkan berbagai program studi yang sesuai dengan perkembangan zaman dan kebutuhan industri. Program-program ini mulai dari teknik, kedokteran, hukum, ekonomi, hingga seni dan humaniora. Interaksi dan integrasi antarbudaya di kampus adalah salah satu keunggulan kuliah Indonesia. Mahasiswa dari berbagai latar belakang budaya, etnis, dan bahasa membentuk lingkungan yang kaya akan pertukaran pendapat dan perspektif. Hal ini tidak hanya meningkatkan pengalaman belajar tetapi juga mempersiapkan siswa untuk bekerja dalam lingkungan yang beragam di seluruh dunia.

Sebaliknya, masalah yang dihadapi kampus di Indonesia juga tidak boleh diabaikan. Di antara masalah yang terus diperjuangkan adalah infrastruktur pendidikan yang masih berkembang di beberapa wilayah dan disparitas akses terhadap pendidikan berkualitas tinggi. Namun, pemerintah Indonesia secara aktif berusaha meningkatkan kualitas pendidikan tinggi, meningkatkan kualitas pengajaran, dan memberikan beasiswa kepada siswa yang berprestasi dan kurang mampu. Terlibat dalam berbagai aktivitas yang dinamis di kampus adalah bagian dari kuliah di Indonesia. Kehidupan kampus sangat bergantung pada kegiatan ekstrakurikuler, yang mencakup organisasi mahasiswa, olahraga, seni, dan kegiatan sosial. Ini memungkinkan siswa untuk belajar soft skills seperti kerja tim, kepemimpinan, dan komunikasi, yang sangat penting di dunia kerja. Di Indonesia, kuliah bukan hanya tentang mendapatkan gelar, tetapi juga tentang memperoleh keterampilan hidup, membangun koneksi, dan mempersiapkan diri untuk masa depan. Tidak diragukan lagi, pengalaman ini memberikan manfaat yang lebih besar bagi perkembangan setiap mahasiswa, baik secara pribadi maupun profesional.

5 Keuntungan Belajar di Indonesia
Less

Biaya Lebih Terjangkau

Work Opportunities2

Peluang Karir Lebih Banyak

adaptasi

Lebih Mudah Beradaptasi

Keindahan Alam

Keindahan Alam

Dekat Dengan Keluarga

Dekat Dengan Keluarga

Destinasi Studi Pilihan di Indonesia
jkt
Jakarta
bdg
Bandung
yogya
Yogyakarta
sby
Surabaya
Sistem Pendidikan Indonesia

Berikut beberapa alasan mengapa belajar di Indonesia merupakan ide yang bagus:

• Biaya yang Lebih Terjangkau: Biaya kuliah, akomodasi, makanan, dan transportasi termasuk dalam biaya yang lebih rendah di Indonesia daripada di luar negeri, yang membuat pendidikan tinggi lebih terjangkau bagi banyak keluarga Indonesia.
• Peluang Karir di Pasar Lokal: Perusahaan lokal sering mengutamakan lulusan universitas lokal karena pemahaman mereka tentang pasar dan lingkungan bisnis Indonesia.
• Pemahaman Mendalam tentang Isu Lokal: Mahasiswa akan memperoleh pemahaman mendalam tentang isu-isu lokal dan nasional. Ini penting bagi mereka yang ingin terlibat dalam sektor publik, politik, atau LSM di Indonesia.
• Kenyamanan Budaya dan Bahasa: Belajar di Indonesia memungkinkan siswa untuk belajar dalam lingkungan yang nyaman dengan budaya dan bahasa yang sudah mereka kenal, yang dapat membantu mereka mengurangi stres dan meningkatkan kinerja akademik mereka.
• Kemudahan Akses untuk Keluarga dan Teman: Mahasiswa yang kuliah di dalam negeri dapat tetap dekat dengan keluarga dan teman, yang dapat memberikan dukungan emosional penting selama tahun-tahun mereka di sekolah.

Estimasi Biaya di Indonesia
Informasi
Estimasi Biaya di Indonesia
Biaya Hidup
1,000,000 - 3,000,000 IDR/bulan
(perkiraan biaya rata-rata)
Biaya Pendidikan
4,000,000 - 50,000,000 IDR/semester
(estimated average costs)

Biaya akomodasi sangat beragam tergantung pada lokasi dan jenisnya. Tinggal di asrama universitas biasanya lebih murah. Sewa apartemen atau kost di luar kampus bisa berkisar antara 1,500,000 IDR hingga 5,000,000 IDR per bulan, tergantung pada lokasi dan fasilitasnya. Biaya kuliah di universitas negeri biasanya lebih murah. Untuk program S1, biaya dapat berkisar antara 5,000,000 IDR hingga 15,000,000 IDR per semester, tergantung pada kebijakan universitas dan program studi. Beberapa universitas negeri juga menerapkan sistem yang dikenal sebagai “Uang Kuliah Tunggal”, yang menentukan biaya berdasarkan kemampuan finansial mahasiswa.

Biaya kuliah di universitas swasta cenderung lebih mahal. Biaya setiap semester dapat berkisar antara 10,000,000 IDR hingga 30,000,000 IDR, tergantung pada reputasi universitas dan program studi yang dipilih:

•  Diploma (D3): 4,000,000 – 12,000,000 IDR/semester.
•  Sarjana (S1):  5,000,000 – 30,000,000 IDR/semester.
•  Pascasarjana/Magister (S2): 10,000,000 – 30,000,000 IDR/semester.
•  Dokter (S3): 20,000,000 – 50,000,000 IDR/semester.

Update : 2024
Informasi
Daftar Universitas
Informasi
Visa Pelajar di Indonesia
visa indo
Langkah - Langkah Permohonan Visa

Untuk memastikan peluang penerimaan visa Anda sebesar mungkin, mari kita uraikan prosedur permohonan visa menjadi tiga bagian utama dan langkah-langkah sederhana berikut:

Bagian 1 – Cara mengajukan izin belajar:

1. Menerima tempat di Universitas Indonesia: Menerima surat penerimaan resmi dan membayar biaya pendaftaran.
2. Universitas Anda memulai proses pendaftaran: Institusi Anda akan langsung mendaftarkan Anda melalui portal online Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, memudahkan proses pendaftaran Anda.
3. Kirim dokumentasi: Universitas Anda akan membutuhkan beberapa dokumen pendukung untuk melengkapkan aplikasi Anda. Jangan khawatir, Anda akan menemukan daftar lengkap dokumen yang diperlukan di bagian berikutnya.
4. Kirim lamaran dan tunggu keputusan: Waktu penyelesaian lamaran adalah antara satu dan dua minggu. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan meneruskan izin belajar dan otorisasi visa Anda yang telah disetujui ke Departemen Imigrasi di negara asal Anda sehingga Anda dapat memulai proses permohonan visa.

Bagian 2 – Cara mengajukan visa masuk (VITAS):

1. Hubungi kedutaan atau konsulat setempat Anda: Buatlah janji temu untuk mengajukan permohonan visa.
2. Susun dokumen Anda: Anda harus membawa beberapa dokumen ke janji temu Anda. Perincian tentang apa yang diperlukan disertakan di bagian berikutnya.
3. Hadiri janji temu Anda: Selain menyerahkan dokumen, Anda akan ditanyai beberapa pertanyaan sederhana.
4. Bayar biaya pendaftaran: Permohonan Anda tidak akan diproses sampai Anda membayar. Sebaiknya periksa metode pembayaran yang diterima karena metode ini dapat berbeda antar konsulat.
5. Menerima keputusan: Setelah visa Anda disetujui, Anda harus kembali ke konsulat untuk mengambil paspor dan dokumen Anda.

Bagian 3 – Cara mengajukan permohonan izin tinggal (KITAS):

1. Kunjungi departemen imigrasi di Indonesia: Penting bagi Anda untuk melakukan ini dalam waktu 30 hari setelah tiba di Indonesia. Anda harus menyelesaikan beberapa dokumen dan membayar biaya.
2. Menerima keputusan: Diperlukan waktu sekitar 10 hari setelah penyerahan untuk mengubah VITAS Anda menjadi KITAS.
3. Daftar ke Mabes Polri: Setelah KITAS Anda diterbitkan, Anda harus mendapatkan Surat Laporan Polisi (STM) dari kepolisian setempat dan membawanya ke kantor kependudukan kotamadya. Sebagai imbalannya, Anda akan diberikan Surat Tanda Pendaftaran Tempat Tinggal Sementara (SKPPS).

Dokumen Yang Dibutuhkan

Selama proses aplikasi, Anda akan perlu menyediakan berbagai dokumen di setiap tahapnya. Kami telah menyusun daftar lengkap dokumen yang mungkin diminta untuk mempermudah Anda dalam menyampaikan semuanya kepada pihak berwenang.

Untuk izin belajar:
• Surat penerimaan resmi dari universitas Anda
• Surat rekomendasi dari universitas Anda
• Surat rekomendasi dari kedutaan, misi, atau konsulat Indonesia di negara asal Anda
Formulir aplikasi online yang telah diisi (diakses melalui portal online)
Tiga salinan paspor Anda
Dua foto diri Anda seukuran paspor
Catat prestasi akademis Anda
Resume/CV Anda
Sertifikat kesehatan yang baru diterbitkan
Surat jaminan keuangan untuk membuktikan bahwa Anda memiliki sumber keuangan untuk menutupi pengeluaran Anda selama berada di Indonesia

Untuk visa masuk (VITAS):
Izin belajar Anda
Salinan paspor Anda yang masih berlaku
Surat penerimaan universitas formal
Surat rekomendasi dari institusi Anda
Catatan kualifikasi Anda
Resume/CV Anda
Dua foto paspor terbaru
Surat jaminan keuangan
Sertifikat kesehatan

Untuk Izin Tinggal (KITAS):
Salinan izin belajar Anda
Salinan visa masuk Anda (VITAS)
Paspor Anda
Surat penerimaan universitas
Surat rekomendasi dari universitas Anda
Resume/CV Anda
Transkrip dan catatan akademik
Bukti kemampuan keuangan yang cukup untuk menutupi biaya hidup

Informasi
Asuransi di Indonesia

Menyiapkan pendidikan anak Anda bisa membantu menjamin masa depannya. Pada masa sekarang ini, biaya pendidikan tergolong cukup mahal. Selain itu, juga resiko di masa depan yang akan dihadapi menjadi faktor yang perlu dipertimbangkan. Banyak cara untuk mengatasi hal tersebut, yaitu dengan Asuransi Pendidikan.

Jenis Asuransi Pendidikan di Indonesia

Ada dua jenis asuransi pendidikan yang tersedia di Indonesia saat ini:

Asuransi Pendidikan Dwiguna (endowment)
Asuransi pendidikan ini adalah kombinasi dari perlindungan asuransi jiwa dan alat pasar uang. Asuransi akan membayar pendidikan anak jika orang tuanya tidak dapat bekerja atau mencari nafkah lagi dikarenakan meninggal dunia atau cacat total. Selain itu, hasil dari instrumen pasar uang seperti deposito biasanya memberikan nilai hasil yang dapat dicairkan dalam jangka waktu tertentu. Jumlahnya sesuai dengan perjanjian yang dibuat antara pelanggan dan penyedia asuransi.

Asuransi Pendidikan Unit Link
Jenis asuransi pendidikan ini juga menggabungkan asuransi jiwa dan investasi. Premi bulanan akan dialokasikan untuk produk investasi seperti reksa dana dan melindungi masa depan pendidikan anak. Investasi akan menghasilkan keuntungan seiring dengan tingkat pendidikan siswa, misalnya saat mereka memasuki sekolah dasar, sekolah menengah, atau sekolah menengah atas. Namun, perlu dipahami bahwa setiap investasi memiliki risikonya sendiri. Meskipun ada peluang untuk mendapatkan imbal hasil atau keuntungan investasi yang tinggi di atas tabungan, namun juga terdapat risiko dibaliknya.

Cara Memperoleh Asuransi Pendidikan
insurance indoi

Berikut merupakan beberapa hal yang harus dillakukan ketika ingin mendapatkan asuransi pendidikan di Indonesia: 

• Peserta menentukan asuransi pendidikan sesuai kebutuhan.
• Peserta menguhungi perusahaan/agen asuransi pendidikan.
• Peserta melengkapi data dan dokumen yang dibutuhkan.
• Perusahaan memeriksa kelengkapan dokumen dan melakukan survei.
• Perusahaan menyetujui permohonan peserta.
• Peserta menerima polis asuransi pendidikan dari perusahaan.
• Peserta membayar premi asuransi pendidikan.

Rekomendasi Perusahaan/Agen Asuransi

Bila merasa masih belum mengetahui perusahaan atau agen asuransi yang ada di Indonesia, kami memberikan sedikit informasi beberapa perusahaan atau agen asuransi di Indonesia yang bisa kamu jadikan sebagai pilihan.

Prudential
Prudential
Manulife
Manulife
EduPlan by BCA
EduPlan by BCA
FWD
FWD
SequisLife
SequisLife

Itulah beberapa rekomendasi perusahaan/agen asuransi yang menyediakan asuransi pendidikan. Tentunya perusahaan/agen tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan dalam servisnya masing-masing. Pilihlah yang sesuai dengan kebutuhanmu guna menjamin masa depan.

Informasi
Jurusan Populer di Indonesia

Pemilihan jurusan di perguruan tinggi di Indonesia mencerminkan perubahan industri dan pertumbuhan ekonomi nasional serta minat dan aspirasi individu. Mengikuti tren lokal dan global, beberapa jurusan telah menjadi favorit siswa dalam beberapa tahun terakhir. Hal ini menunjukkan bagaimana pendidikan tinggi di Indonesia menyesuaikan diri dengan perubahan pasar kerja dan kebutuhan masyarakat.

Jurusan Yang Paling Populer Diminati di Indonesia
Engineering
Teknik

Sampoerna University
Universitas Pelita Harapan
Binus International

Kedokteran
Kedokteran

Universitas Pelita Harapan
President University
Ciputra University

Business course australia icon
Bisnis & Manajemen

Binus International
Universitas Pelita Harapan
Ciputra University

hukum
Hukum

Universitas Pelita Harapan
Binus International
President University

Psychology
Psikologi

Binus International
Universitas Pelita Harapan
Sampoerna University

Informasi
Akomodasi di Indonesia

Di Indonesia, ada banyak pilihan tempat tinggal untuk mahasiswa yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan anggaran, mulai dari kost-kostan, asrama kampus, hingga sewa apartemen. Asrama universitas biasanya pilihan paling murah, dengan fasilitas dasar dan biaya bulanan mulai dari 500.000 IDR hingga 2.000.000 IDR. Kost, yang banyak tersedia di sekitar kampus, adalah opsi tambahan. Kostan ini menawarkan berbagai macam fasilitas, mulai dari yang sederhana hingga yang memiliki AC, Wi-Fi, dan fasilitas lainnya. Tergantung pada lokasi dan fasilitas yang ditawarkan, biaya sewa kost biasanya berkisar antara 1.500.000 IDR hingga 4.000.000 IDR per bulan. 

Menyewa apartemen bisa menjadi pilihan bagi mahasiswa yang mencari privasi dan lebih banyak fasilitas. Biaya sewa apartemen di Indonesia sangat bervariasi tergantung pada lokasi, ukuran, dan fasilitas yang tersedia. Harga bulanan berkisar dari 3.000.000 IDR hingga 7.000.000 IDR

Pengeluaran akomodasi untuk pelajar di IndonesiaBiaya (perkiraan)
Asrama Universitas500.000 IDR hingga 2.000.000 IDR per bulan
Kost500.000 IDR hingga 4.000.000 IDR per bulan
Apartemen3.000.000 IDR hingga 7.000.000 IDR per bulan
Informasi
Tahapan Registrasi di Indonesia
Belajar di Indonesia - Persyaratan dan ketentuan mendaftar sekolah & universitas
regis Indo

Kami akan membantu Anda dalam perjalanan pendidikan Anda dan meningkatkan peluang Anda untuk berhasil.
Berikut cara kerjanya:

Daftar Melalui Gold Star Education Dan Bicaralah Dengan Konselor Kami
Lamar ke Institusi Dengan Bantuan Kami (Kami Memiliki Hubungan Kerja yang Baik dengan Semua Institusi Tersebut)
Mengikuti Tes Pendaftaran
Menerima Surat Penerimaan Dari Institusi
Lakukan Pembayaran Biaya Institusi
Bersiaplah untuk memulai pendidikan di Institusi impianmu di Indonesia
Informasi
Destinasi Wisata di Indonesia
Bali Pura Ulun Danu Bratan
Bali - Pura Ulun Danu Bratan
Lombok Gili Trawangan
Lombok - Gili Trawangan
Nusa Tenggara Timur Pulau Padar
Nusa Tenggara Timur - Pulau Padar
Papua Barat Raja Ampat
Papua Barat - Raja Ampat
Magelang Candi Borobudur
Magelang - Candi Borobudur
Kabupaten Probolinggo Gunung Bromo
Kabupaten Probolinggo - Gunung Bromo
Samosir Danau Toba
Samosir - Danau Toba
Bali Nusa Penida
Bali - Nusa Penida
Informasi
Prospek Karir di Indonesoa

Indonesia memiliki lapangan pekerjaan yang cukup banyak. Bahkan banyak perusahaan-perusahaan yang memposting lowongkan pekerjaan dilaman atau sosial media pencari kerja. Hal tersebut menandakan bahwasanya masih kurangnya sumber daya manusia yang berbanding terbalik dengan besarnya kebutuhan tenaga kerja di Indonesia. Hal itu tentunya juga bisa menjadi peluang bagi para mahasiswa yang baru lulus atau bahkan yang sedang berkuliah. Itu semakin didukung dengan adanya beberapa program seperti magang ataupun program pelatihan kerja bagi lulusan baru dari pemerintah. Pemerintah Indonesia pun memberikan kebebasan bekerja untuk siswa yang sedang menempuh pendidikan. Bahkan ada beberapa perguruan tinggi yang menyediakan kelas karyawan untuk membantu para mahasiswa yang bekerja agar tetap bisa menempuh pendidikan. Banyak cara untuk memperoleh pekerjaan ketika sedang kuliah atau menempuh pendidikan. Kalian bisa mengambil pekerjaan part-time, freelance, magang atau bahkan full-time jika memang jam kuliah atau pendidikan anda tidak bertabrakan.

Keuntungan Bekerja Sambil Belajar
Di Indonesia

• Bisa Memiliki Pengalaman Kerja: Dengan bekerja ketika sedang kuliah nantinya akan memberikaj manfaat tersendiri. Dimana, ketika lulus nantinya kamu sudah memiliki pengalaman kerja. Hal itu, tentunya akan lebih mempermudah untuk mendapat pekerjaan ketika lulus.
• Memperoleh Relasi yang Lebih Luas: Lingkup pergaulan perusahaan yang berbeda dengan di kampus akan lebih membantu kamu dalam beradaptasi. Selain itu, juga akan banyak belajar dari teman – teman yan berbeda usia dan latar belakang.
• Menemukan Minat Karir Lebih Spesifik: Dengan bekerja, kamu dapat merasakan dunia kerja sesungguhnya seperti apa. Hal itu tentunya bisa membantu menemukan karir yang lebih spesifik selama melakukan pekerjaan dengan memperhatikan beberapa posisi ataupun jabatan.
Melatih Kemandirian dan Tanggung Jawab: Ketika kuliah sambil bekerja tentunya akan membentuk kepribadian yang lebih dewasa. Hal ini, karena akan dituntut untuk mampu menyelesaikan segala masalah serta kewajiban dengan efektif dan efisien. Beban serta tanggung jawab yang dipikul akan lebih besar. Mulai dari masalah tugas kuliah, pekerjaan, pengaturan waktu, keuangan dan banyak lagi. Secara otomatis kamu akan menjadi pribadi yang lebih tangguh dan ulet. Apalagi ketika sudah lulus kuliah dengan pengalaman kerja, maka sudah terbiasa dengan dunia kerja.

Informasi
Geografi & Budaya di Indonesia
maps indo
Lokasi Indonesia

Indonesia, negara yang terletak di lepas pantai daratan Asia Tenggara di Samudera Hindia dan Pasifik. Ini adalah negara kepulauan yang terletak di seberang Khatulistiwa dan membentang sejauh seperdelapan keliling bumi. Pulau-pulaunya dapat dikelompokkan menjadi Kepulauan Sunda Besar Sumatera (Sumatera), Jawa (Jawa), Kalimantan bagian selatan (Kalimantan), dan Sulawesi (Sulawesi); Kepulauan Sunda Kecil (Nusa Tenggara) di Bali dan rangkaian pulau yang membentang ke arah timur melalui Timor; Maluku (Maluku) antara Sulawesi dan pulau Nugini; dan wilayah barat Papua. Ibu kotanya, Jakarta, terletak di dekat pantai barat laut Jawa. Indonesia juga memiliki perbatasan darat internasional dengan tiga negara tetangga yaitu Malaysia, Papua Nugini dan Timor Leste. Sedangkan di laut, perairan Indonesia berbatasan dengan sepuluh negara tetangga yakni: India, Singapura, Malaysia, Thailand, Vietnam, Filipina, Palau, Australia, Timor Leste dan Papua Nugini. Pada awal abad ke-21 Indonesia merupakan negara dengan jumlah penduduk terbesar di Asia Tenggara dan negara dengan jumlah penduduk terbesar keempat di dunia.

Bagaimana iklim di Indonesia?

Secara keseluruhan, Indonesia memiliki iklim tropis, yang berarti iklimnya hangat dan cenderung panas dan lembap sepanjang tahun. Ada dua musim di Indonesia: musim kemarau dan musim hujan. Jika tekanan atau suhu udara adalah faktor utama dalam perubahan iklim di beberapa negara, perubahan iklim di Indonesia dipengaruhi oleh curah hujan. Ini ditunjukkan oleh kelembapan rata-rata di Indonesia antara 65-90%. Indonesia memiliki beberapa jenis iklim. Sebagian besar, itu adalah iklim hutan hujan tropis dengan taraf curah hujan tertinggi; jenis iklim muson tropis dan sabana tropis menempati urutan setelahnya.

Selain iklim-iklim yang disebutkan di atas, beberapa wilayah dataran tinggi Indonesia memiliki iklim laut dan tanah tinggi subtropis. Kondisi ini ditemukan pada ketinggian antara 1.500 dan 3.500 meter di atas permukaan laut (mdpl). Di daerah pegunungan, tepatnya di Papua, iklimnya tundra. Namun, pada hakikatnya, Indonesia adalah negara dengan tiga jenis iklim: iklim musim (iklim muson), iklim tropika atau tropis (iklim panas), dan iklim laut. Seperti yang disebutkan di atas, iklim tropis atau tropis adalah yang paling umum di Indonesia dan dikenal oleh banyak orang.

Dengan sendirinya, istilah “iklim tropis” mengacu pada iklim suatu wilayah atau negara yang berada di sekitar khatulistiwa. Akibatnya, tidak banyak negara yang memiliki iklim tropis yang memungkinkan matahari bersinar dengan cerah di daerah tersebut.

Zona Waktu di Indonesia

Dengan luas 1,9 juta kilometer persegi, wilayah Indonesia tentunya memiliki waktu yang berbeda setiap daerah. Ini dapat dilihat dari perbedaan waktu terbit matahari di Jawa dan Sulawesi. Ini dapat disebabkan oleh adanya garis lintang dan bujur, yang merupakan garis khayal yang melingkari Bumi. Garis lintang melingkari secara horizontal, sedangkan garis bujur melingkari secara vertikal. Akibatnya, masing-masing wilayah memiliki waktu yang berbeda. Kedua garis yang disebutkan diatas dipengaruhi oleh garis meridian Greenwich yaitu titik 0º yang telah disepakati pada tahun 1884 pada kongres Meridian Internasional di Washington, Amerika Serikat. Titik inilah yang kemudian dijadikan dasar penghitungan waktu. Dengan letak geografisnya yaitu 96º BT sampai 141º BT, berdasarkan pembagian zona waktu, Indonesia dibagi menjadi tiga wilayah yaitu Waktu Indonesia Barat (WIB), Waktu Indonesia Tengah (WITA) dan Waktu Indonesia Timur (WIT).

Waktu Indonesia Barat (WIB): Wilayah yang termasuk dalam zona Waktu Indonesia Barat diantaranya Jawa, Madura, Sumatera, Kalimantan bagian tengah dan barat. Wilayah WIB didasarkan pada meridian pangkal 105º BT dengan selisih 7 jam dari waktu Greenwich, atau dalam sistem jam digital menjadi UTC+7, Jakarta. Perbedaan dengan zona bagian tengah (WITA) adalah satu jam, sedangkan perbedaan dengan zona bagian timur (WIT) adalah dua jam.

Waktu Indonesia Tengah (WITA): Wilayah yang termasuk dalam zona Waktu Indonesia Bagian Tengah diantaranya Bali, Kalimantan bagian utara dan selatan, Sulawesi, Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Nusa Tenggara Timur (NTT). WITA berada pada garis pangkal 120º BT dan memiliki selisih waktu 8 jam dari waktu Greenwich.

Wilayah Indonesia Timur (WIT): Wilayah WITA berada pada sepanjang garis 135º BT dengan selisih 9 jam dari waktu Greenwich. WITA meliputi Maluku Utara, Maluku, Papua Barat dan Papua.

Kultur Indonesia (Yang boleh dan tidak boleh dilakukan ketika berada di Indonesia)

Boleh/harus dilakukan

• Memperhatikan aturan setempat.
• Menggunakan pakaian sesuai tempatnya.
• Harus memiliki Surat Izin Mengemudi ketika berkendara.
• Menghormati norma dan adat istiadat setempat.

Tidak boleh/dilarang untuk dilakukan

• Jalan-jalan tanpa busana.
• Bercanda soal ras, agama, dan etnis.
• Meminum air kran atau wastafel tanpa dimasak, karena bisa bikin sakit.
• Terlalu bergantung pada kartu kredit saat membayar apa pun.
• Menyentuh kepala seseorang tanpa izin.

Informasi
Beasiswa
Loading...
Follow Us